Iklan


jurnalpantura.com
26 Agustus 2023, 04:31 WIB
Last Updated 2023-08-26T11:31:54Z
Otomotif

5 Cara Memasang Aki Mobil dengan Benar


Jurnalpantura.com, Pemalang - Seiring berjalannya waktu, aki mobil Anda mungkin akan mengalami kerusakan dan perlu diganti. Kendaraan tidak akan beroperasi maksimal tanpa aki yang berfungsi dengan baik.

Untungnya, proses penggantian aki adalah satu tugas perawatan mobil yang dapat Anda lakukan sendiri. Berikut adalah lima langkah untuk memasang aki mobil dengan benar.

1. Lepas Aki Lama

Pertama, matikan mesin mobil Anda. Lepas kabel, klem, dan baut dari kutub negatif aki lama, kemudian lepaskan baut di kutub positif. Beberapa mobil memiliki klip atau baut yang mengikat aki, jadi pastikan untuk melepaskan komponen ini juga.

2. Tempatkan Aki Baru

Posisikan aki baru di dudukan aki, pastikan tegak lurus. Langkah ini memastikan bahwa cairan dalam aki tidak tumpah dan merusak komponen mobil lainnya.

3. Pasang Kabel Positif dan Negatif

Sambungkan kabel positif ke terminal positif pada aki baru, kemudian sambungkan kabel negatif ke terminal negatif. Proses ini harus dilakukan dengan hati-hati untuk menghindari percikan api.

4. Pastikan Kabel dan Klem Sudah Terpasang

Periksa apakah semua kabel dan klem telah dipasang dengan benar. Aki baru tidak akan memberikan daya yang cukup jika ada kabel atau klem yang kendor.

5. Nyalakan Mesin Mobil

Setelah memastikan semua bagian sudah terpasang dengan benar, nyalakan mesin mobil. Anda mungkin harus menunggu beberapa detik sebelum mesin mobil siap digunakan lagi.

Berikut ialah lima cara sederhana dan efektif untuk pasang aki mobil yang baru. Harap berhati-hati selama proses ini dan ingatlah bahwa selalu ada risiko terlibat ketika bekerja dengan komponen listrik. Jika Anda merasa tidak nyaman melakukan pekerjaan ini sendiri, sebaiknya serahkan pekerjaan ini pada mekanik profesional. (*)